Cara Mengobati Ikan yang Terkena Jamur, Bintik Putih atau White Spot



Penyebab dan Cara Mengobati Ikan yang Terkena Jamur, Bintik Putih atau White Spot



Hallo sob! gimana kabarnya? pusingkan hehe.




Ternyata memelihara ikan semudah itu ya sob, ternyata banyak setelah beberapa hari dan beberapa bulan memelihara ikan kita mulai menemukan masalah yang berliku-liku mulai dari masalah  air yang kotor susah bersihnya sampai penyakit yang menyerang ikan kita.





















Ngomong-ngomong soal ikan yang terkena penyakit. Ada beberapa penyebab ikan terkena penyakit, berikut penyebabanya :





Penyebab Ikan Terkena Jamur atau White Spot


  1. Kualitas air yang tidak bagus
  2. Air yang terlalu dingin
  3. Tingginya kadar amonia pada air
  4. Menggunakan air PDAM tanpa dinetralisir terlebih dahulu

Itulah beberapa penyebab ikan terkena penyakit salah satunya jamur atau white spot. lalu bagaimana cara pengobatannya? Simak penjelasannya dibawah ini :


Cara Pengobatan Ikan yang Terkena Jamur

1.  Kuras air sebanyak 30% dari total volume air Aquarium

Langkah pertama mungkin sudah tidak asing lagi bagi penghobi ikan hias. Pertama lakukan water change atau ganti air sebanyak 30%. 

Tujuan dari menguras air sebanyak 30% adalah  untuk meningkatkan kualitas air yang ada pada Aquarium, dengan meningkatnya kualitas air maka ikan akan lebih segar lagi dalam bernafasnya.

Penggantian air jangan dilakukan setiap hari. Jika air sudah terlalu kotor kamu bisa menukar air sebanyak 75%, lakukan penggantian air secara bertahap. Untuk cara lengkapnya bisa kamu baca DISINI!

2. Mengatur suhu air sekitar 30 derajat celcius



Untuk cara kedua ini kamu harus mengatur suhu air sekitar 30 derjat celcius. Kamu bisa menggunakan Heater Aquarium untuk mengatur suhu air.

Tujuan dari mengatur suhu pada 30 derjat celcius adalah agar menghambat pertumbuhan jamur pada ikan yang terdampak bahkan bisa membunuh jamur tersebut.

Ketika suhu air pada 30 derjat celcius maka kadar oksigen pada air akan berkurang, karena suhu air yang cukup tinggi bisa membuat oksigen pada air menguap. 

Lalu bagaimana cara meningkatkan kadar oksigen pada air? Lanjut pada cara ketiga.

3. Gunakan Aerator untuk Meningkatkan Oksigen



Dengan kita menggunakan Aerator ini maka air pada Aquarium menjadi kaya akan oksigen dan juga bisa membuat amonia pada air menguap ke udara.

Air yang kaya akan oksigen bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada ikan loh. Bukan hanya itu, ikan akan lebih segar, sehat, dan meningkatkan kualitas hidup ikan.

Kamu bisa meningkatkan kadar oksiden dengan menggunakak power head pada mesin filter atau bisa juga dengan aerator penghasil gelembung udara yang bisa kamu dapatkan di toko Aquarium terdekat.

4. Memberi garam ikan



Langkah selanjutnya sangat penting ya sob yaitu memberikan garam ikan, bukan garam dapur buat masak ya sob. Garam ikan ini memang khusus digunakan untuk ikan.

Manfaat dari garam ini yaitu meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh ikan, membunuh dan mengobati jamur pada ikan, mencegah parasit dan penyakit lainnya.

Untuk takarannya kamu gunakan secukupnya saja. Admin menggunakan garam ikan ini pada Aquarium ukuran 50 x 40 x 30 untuk pengobatan biasanya admin gunakan sebanyak 4 sendok makan dan 2-3 sendok makan untuk pencegahan.

5. Beri obat biru (Methylene Blue)



Selanjutnya kamu bisa menambahkan Methylene Blue yaitu obat khusus untuk mengobati penyakit ikan. 

Obat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko Aquarium terdekat. Harga dari obat biru ini biasanya sekitar 8-15 ribuan.

Obat biru ini bisa mengobati dan mencegah ikan dari jamur, stress, dan penyakit ikan lainnya. Untuk penggunaannya cukup 1 tetes untuk 5 liter air.

Itulah beberapa cara untuk mengobati ikan yang terkena jamur, mungkin ada cara lain dari sobat semua silahkan tulis di kolom komentar.

Sekian dulu dari saya. Jika ada dari sobat semua yang ingin menanyakan sesuatu seputar dunia ikan, silahkan tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Terima kasih telah mampir ke blog admin yang sangat sederhana ini. 

Salam!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Ikan yang Terkena Jamur, Bintik Putih atau White Spot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel