Bahaya dan Cara Menghilangkan Kaporit Air PDAM Untuk Ikan Hias

Bahaya dan Cara Menghilangkan Kaporit Air PDAM Untuk Ikan Hias

Berbicara tentang aquarium dan ikan hias didalamnya tentu kita tidak terlepas dengan air yang merupakan tempat hidup dan berkembangbiak ikan hias baik itu dalam aquarium maupun dalam kolam. Kali ini kita akan membahas apakah baik air PDAM untuk ikan hias?

Seperti yang kita ketahui Air PDAM mengandung klorin, fungsi dari klorin ini sendiri adalah untuk menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri dan beberapa mikroba yang ada pada air, jadi dari sana saja kita sudah bisa melihat baik atau tidak baiknya air PDAM untuk Aquarium, karena klorin bisa membunuh bakteri baik dalam aquarium atau kolam. Nah bagaimana kalau untuk ikan, apakah air PDAM ini bahaya untuk ikan?

Sepengalaman admin dulu pas awal-awal punya aquarium admin sering pakai air PDAM untuk aquarium. Selama seminggu sampai dua minggu admin pakai air PDAM ikan masih baik-baik saja tidak terjadi apa-apa, ikan kelihatan masih sehat dan masih aktif berenangnya.

Tapi memasuki minggu ketiga ikan mulai terkena jamur ada bintik-bintik putih gitu sob, pada saat itu admin belum ngeh sih sama ikannya, dalam pikiran admin waktu itu ikan nya mungkin masih baik baik saja.

Hari berganti hari jamur itu semakin membesar, ikannya sering berdiam diri di dasar aquarium, gak aktif berenang, sampai-sampai pada saat itu salah satu ikan admin ada yang buta matanya dan ada yang mati. Jadi klorin itu berbahaya buat ikan ya sob, karena waktu itu admin belum tau cara menetralkan airnya dan tidak tau cara mengobat ikannya. BACA JUGA Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Yang Terkena Jamur, Bintik Putih atau White Spot

    • Admin nih banyak cakap kali, jadi gimana nih cara menetralkan airnya?

    Hehe tenang akan kita tuntaskan masalah ini bersama. Berikut ada beberapa cara untuk menetralkan air PDAM untuk ikan hias, silahkan simak dibawah ini:

    Cara menetralkan air PDAM untuk ikan hias

    1. Mendiamkan air selama 24 jam

    Perlu diketahui klorin itu sifatnya bisa menguap sob. Ketika mendiamkan air selama 24 jam akan membuat klorin menguap dan air siap digunakan untuk ikan.

    2. Menggunakan aerator

    Aerator adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan gelembung udara dalam air, dengan menggunakan aerator tentunya akan membuat klorin lebih cepat menguap ke udara. Biasanya 2-3 jam mengguanakan aerator maka air sudah siap digunakan untuk ikan.

    3. Menggunakan obat anti klorin

    Untuk sobat yang tidak sempat untuk mendiamkan air PDAM maka kita bisa menggunakan obat anti klorin, dengan menggunakan obat anti klorin, kita bisa langsung menggunakan air PDAM untuk ikan.

    4. Menambahkan garam ikan

    Ketika menggunakan air PDAM lebih baik kita menambahkan garam ikan ya sob. Fungi dari garam ikan ini adalah untuk membunuh dan mencegah parasit, jamur, penyakit ikan & menjaga daya tahan tubuh ikan.

    Itulah beberapa cara untuk menetralkan air sebelum digunakan untuk aquarium atau kolam, akan lebih baik lagi menetralisir air aquarium dengan cara mendiamkan air selama 24 jam, terus menggunakan aerator, dan menambahkan obat anti klorin & garam ikan. 

    Itu akan sangat lebih baik dan sangat admin rekomendasikan biar lebih safety, karena ikannya bagus-bagus nanti terkena penyakin dan mati kan kasihan.

    Mungkin sekian dulu dari admin. Jika ada dari sobat semua yang ingin menanyakan sesuatu seputar dunia ikan, silahkan tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Terima kasih telah mampir ke blog admin yang sangat sederhana ini. Salam!


    Belum ada Komentar untuk "Bahaya dan Cara Menghilangkan Kaporit Air PDAM Untuk Ikan Hias"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel